Monday, December 26, 2011

5 Tips Berhemat ala Mahasiswa

dedongkot-kotel -

Sebenarnya tidak bisa disebut dengan berhemat, tapi mari kita sebut dengan cerdas memanage pengeluaran. mahasiswa memang tak lepas dari permasalahan semacam ini. jadwal kuliah yang super sibuk dan waktu istirahat yang kurang merupakan satu dari sekian warna kehidupan di rantau. apalagi sebagian besar mahasiswa hidup sendiri alias ngekos jauh dari orang tua. begitu juga dengan uang, ya mahasiswa memang dituntut untuk super cerdas dalam mengatur pengeluarannya selama sebulan.
berikut ini adalah beberapa tips yang diharapkan dapat membantu problematika mahasiswa dalam mengatur pengeluarannya.
1. PISAHKAN UANG DARI AWAL
tanggal muda merupakan tanggal baik untuk mahasiswa. tapi tunggu dulu, kesalahan dalam penempatan pos pengeluaran uang akan berakibat uang anda dapat habis sebelum waktunya. bahkan dapat habis dengan cepat kurang dari tanggal 10. oleh karena itu, pisahkan uang anda untuk beberapa keperluan dari awal. contoh anda bisa memisahkan pos uang anda untuk kebutuhan makan, fotokopi/atk, belanja kebutuhan harian dan mengikuti training. itu adalah beberapa contoh kebutuhan yang harus diutamakan.
2. TENTUKAN SKALA PRIORITAS
dalam memanage uang pun perlu sekali skala prioritas. anda harus cermat dalam mengambil keputusan setiap ingin memenuhi sesuatu. apakah keinginan itu hanya sebatas keinginan atau sebuah kebutuhan. jika hal itu tak terlalu penting untuk anda, lebih baik anda tahan dulu hasrat anda dan mengalihkan rencana. anda dapat menambah tabungan dengan tidak terlalu konsumtif.
3. HINDARI ORIENTASI PADA MERK
sebelum menjadi mahasiswa, anda pasti dapat membeli perlengkapan yang anda inginkan sesuka hati. namun saat menjadi mahasiswa, anda akan berpikir berulang kali kita ingin membeli sesuatu. khususnya bagi anda orang yang berorientasi pada merk, hatihati dengan kebiasaan anda. untuk apa kita membayar lebih jika kita dapat mendapatkan barang serupa dengan harga yang lebih rendah ? meski harga memang gak pernah bohong, bukan berarti kita harus memaksakan diri untuk hal yang akan sangat konyol jika kita lakukan.
4. BERGAULLAH DENGAN ORANG YANG TEPAT
seusia seorang mahasiswa tentunya adalah usia untuk bereksplorasi. denagn teman-teman baru, anda dihadapkan dengan tantangan baru yang lebih kompleks. dalam hal pengeluaran anda misalnya, teman anda memiliki peran yang sangat krusial, khususnya dalam membentuk pribadi anda. hatihati dalam memilih pergaulan. tentunya anda pernah mendengar pepatah “jika kita bergau dengan tukang parfum, kita akan kecipratan harumnya”. salah memilih teman dapa mengakibatkan pengeluaran anda keluar deas tak terkendali.
5. TERAPKAN PRINSIP EKONOMI
mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya dengan modal sekecil-kecilnya. begitu bukan ? ya, terapkan prinsip ekonomi dalam setiap keputusan yang anda ambil. dengan begitu, anda akan lebih cermat dan lebih kreatif dalam mengatur segala keperluan anda
beberapa tips di atas merupakan tips umum yang dapat dimodifikasi lebih lanjut tergantung kondisi anda sekarang. hal paling penting yang anda harus ingat adalah cerdas-cerdaslah dalam mengatur pengeluaran karena anda tak selamanya akan diberi. anda harus berusaha mencari sendiri. gunakan kesempatan untuk duduk di bangku kuliah sebaik-baiknya. dengan tidak melakukan hal yang sia-sia tentunya. dan teruslah berkarya dan berkontribusi. dan ingat, di kampung halaman ada orang yang mengharapkan kita pulang dengan membawa suka, bukan membawa duka..
SEMANGAT BERKARYA


No comments:

Post a Comment